Muslimah Melek Sehat

Kenapa saya mengikuti kelas ini?

Alhamdulillah, bersyukur sekali saya bisa bertemu dengan Ikarie Grup yang menyelenggarakan Kelas Online Muslimah Melek Sehat (M2S). Sebelumnya, saya adalah seseorang yang sangat concern dalam dunia pendidikan, sehingga fokus dalam keluarga terutama anak2 lebih saya perhatikan dalam hal pendidikan mereka. Makin kesini makin belajar, dengan beberapa kejadian yang saya ambil ibrahnya, saya sadar kalau saya juga harus concern dalam hal nutrisi dan kesehatan keluarga.

Dulu, bagi saya, memasak itu ribet dan hanya persoalan rasa, sedangkan saya adalah tipikal orang yang yang makan asal halal dan thayyib ya sudah. Dan saya harus menepok jidat sendiri sekarang, ternyata oh ternyata saya belum faham makna thayyib yang sesungguhnya. Akhirnya saya mulai ulak-alik utak-atik alias mulai suka eksperimen dan masuk dapur, mulai menyukai aktivitas disana demi mempersiapkan nutrisi bagi keluarga, karena mindset saya sudah berubah dari yang masakan hanya soal rasa menjadi makanan untuk nutrisi keluarga agar sehat dan bisa meningkatkan ketaatan dalam beribadah kepada Allah. How happy I am! Sekarang saya memiliki fasilitator dan teman2 di Ikarie Grup yang sangat membantu saya memulai pola makan dan hidup sehat.

Kelas M2S ini adalah kelas online. Menurut saya, adab dalam menuntut ilmu adalah dengan mendatangi guru, hadir dalam majelis ilmu. Akan tetapi saya belum menemukan disini, di daerah saya. Sehingga saya bersyukur sekali ada kelas online (semoga tidak mengurangi keberkahan terhadap adab dalam menuntut ilmu). Selain itu, yang membuat saya senang adalah sistem kelasnya. Ada kelas yang hanya berisi materi dan ada kelas ukhuwah. Ini membuat materi tidak tumpang tindih dengan ratusan chat koment emak2, hihi. Ada hal lain lagi yang saya suka dari sistemnya, yakni fasilitator yang tidak hanya menyampaikan materi dalam bentuk file tapi ada voice-nya juga. It's very nice! Sebenarnya saya memiliki gaya belajar visual, tapi jujur saya sangat terbantu dengan voice tersebut karena saya tidak bisa sering2 pegang hape, sehingga saya bisa memutar ulang voice tersebut sambil mengerjakan hal yang lain.

Ada 12 materi di level 1 yakni

Materinya oke banget. Pemateri, dr. Herlin Ramadhanti, mengawali materi dengan memberikan gambaran akan pentingnya  muslimah Melek Sehat karena muslimah yang menyediakan makanan yang penuh nutrisi bagi keluarga. Muslimah juga yang melahirkan penerus generasi yang cerdas dan sehat yang mana nutrisi diperlukan untuk pembentukannya. Menariknya lagi, kesehatan yang kita miliki dikaitkan dengan ketaatan kepada apa yang Allah perintahkan dan Rasulullah teladankan.

Pada bab 1 Pendahuluan, dibahas bahwa Allah telah menciptakan manusia dengan perlindungan dan sistem pertahanan yang berlapis-lapis. Akan tetapi sistem pertahanan tubuh akan terganggu manakala ada akumulasi pola makan dan kebiasaan hidup yang tidak sehat dan tidak alami, sehingga membuat enzim dalam tubuh terkuras untuk melakukan proses detoksifikasi. Padahal enzim sangat berguna bagi tubuh untuk berbagai aktivitas sel.

Ada beberapa ciri seseorang mengalami kekurangan enzim, yakni
1. Mudah pilek dan masuk angin
2. Nyeri otot, nyeri sendi dan sakit pinggang
3. Sering sembelit atau mencret
4. Kulit kering kusam dan mudah berjerawat dan berflek hitam
5. Tangan dan kaki terasa dingin sendiri
6. Memiliki gejala klinis maag
7. Mata lelah dan mudah berkunang2
8. Sakit kepala dan sulit tidur
9. Rambut rontok dan menipis
10. BB bertambah atau menurun drastis
11. Kesemutan
12. Mood mudah sedih, mudah marah, mudah kesal, sulit konsentrasi
13. Mudah lelah
14. Ada penyakit bawaan seperti alergi makanan, atopi, asma dll


Lalu, bagaimana cara agar tubuh tetap fit? Berdasarkan yang saya rangkum dari apa yang disampaikan pemateri di bab pendahuluan ini ada beberapa hal yakni
Pertama, mengkonsumsi makanan sehat dan mengandung banyak enzim yaitu raw food (makanan mentah dari sayur dan buah dan makanan segar dari buah sayur dan protein hewani), real food (makanan yang tidak mengalami banyak proses, bukan makanan pabrikan), local food (dari daerah asal sehingga bisa segar dan menghindari makanan yang mengandung GMO)
Kedua, berolahraga dengan teratur dan istirahat yang cukup.
Ketiga, jaga spiritualitas sehingga terhindar dari stress.

Selain itu, ada juga dibahas tentang polusi dan gelombang elektromagnetik yang ternyata berpengaruh juga terhadap kesehatan. Bu dr. Herlin juga membahas lebih detail tentang peran enzim, gen dan mikroorganisme dalam tubuh. Untuk memahami lebih jauh, yuk teman2 boleh banget gabung juga di grup M2S ini 😊.

Pemaparan bab 1 di level 1 saja sangat mencerahkan, saya semakin bersemangat belajar di bab selanjutnya. Semoga Allah memudahkan untuk mengamalkan ilmu tersebut. Aamiin

#sekolahonlinebatch3level1
#pendahuluan
#kelashabbatussaudah

Terimakasih kepada
dr. @herlin_ramadhanti
@ikarie_group

Komentar