Fitrah Keimanan (Bukit Bintang)

Day 1

Alhamdulillah hari ini bersama ananda (5th) berkreasi membuat kupu-kupu dari kertas. Kegiatan yang paling dia sukai tentu tidak ketinggalan yakni mewarna. Setelah kegiatan selesai, ananda saya ajak berdiskusi.

Alhamdulillah ya nak, kita telah membuat kupu-kupu.  Kupu2 ananda bagus cantik,  tapi menurut nanda, meski nanda sudah buatkan sayap bisa terbang gak kupu-kupunya? ananda menjawab tidak bisa. Apa kupu-kupu buatan ananda juga bisa hidup? nggak, jawab dia.

Masya Allah ya nakk kalau kupu-kupu buatan Allah bisa sangat sempurna juga bisa hidup. Berarti kita sama2 makhluk. Allah lah Yang Maha Kuasa dan Maha Menciptakan.


Day 2

Alhamdulillah, hari ini berkesempatan ngobrol sama ananda (8y). Kami berdiskusi tentang salah satu indra, yakni mata. Alhamdulillah kita dianugerahi mata oleh Allah, dengannya kita bisa melihat sesuatu dengan baik. Saat berjalan juga tidak nabrak. Sungguh kita harus bersyukur dengan nikmat yang Allah beri. Ini baru mata, nikmat Allah yang lain banyak sekali. 

Nahh salah satu cara kita bersyukur adalah dengan sholat. Ananda yang semangat ya sholatnya.  Alhamdulillah saat waktu sholat tiba, ibu mengajak ananda sholat, dan ananda mau sholat bersama-sama.


Day 3

Menciptakan imaginasi positif tentang Allah adalah hal penting untuk menanamkan fitrah keimanan bagi anak usia dini. Salah satu hal yang saya lakukan / sampaikan ke ananda (2y) adalah saat mendengar suara adzan, yakni "itu suara apa nak? adzan", kalau adzan waktunya sholat. nanti kalau sudah besar sholat d masjid ya nak". Dia mengangguk saja.


Day 4

Setelah ananda (8y) membaca buku, kemudian ananda punya ide membuat karya "tabungan amal baik". Setelah karya yang ananda buat jadi, dia memberitahu saya hasil karyanya. Dia bercerita setiap dia melakukan perbuatan baik dia akan mencatatnya dalam karya tersebut. Sore harinya, saya tanyakan sudah berapa amal baik yang dia lakukan, dia mencatat dua amal baik. Lalu saya sampaikan kepada ananda, tadi kan ananda sudah melakukan amal baik ini itu (saya sebutkan apa yang sudah dia lakukan). 

"hasil karya ananda bagus, ananda juga lebih bersemangat dalam berbuat amal baik, masya Allah. insya Allah setiap perbuatan ananda dicatat oleh malaikat. Malaikat tidak akan pernah terlewat mencatat setiap apa yang kita lakukan. Semangat berbuat baik ya nakk", kata saya.

Alhamdulillah semoga ananda semakin beriman kepada malaikat Allah.


Day 5

Hari ini pagi-pagi saya harus berangkat terapi dan juga pergi ke RS. Yang saya lakukan untuk memotivasi ananda adalah dengan membuat surat. Saya sampaikan dalam surat tersebut tentang kebaikan-kebaikan yang akhir2 ini dia lakukan. Serta rajinnya ananda dalam beribadah. Serta motivasi dan sayang kami orang tuanya kepada ananda. Mungkin terlihat sepele, tapi saya yakin ini juga merupakan salah satu cara menumbuhkan fitrah keimanan. Alhamdulillah respon ananda tadi juga positif selesai membaca surat tersebut. Saya peluk cium anak-anak sebelum berangkat.

Bismillah semoga semakin bertambah keimanan dan sayang mereka kepada Sang Pencipta. Aamiin 









 


Komentar