Bermain peran, membersihkan kulkas

Kulkas sudah memanggil-manggilku minta dibersihkan. Hmm...oke. #ThinkCreative. Setiap ada hal dirumah saya berusaha mengkaitkannya dengan pembelajaran kepada anak-anak, bisa jadi kaitannya dengan ruhiyahnya, motoriknya, emosinya, kemandiriannya, dsb. 
Nahh, kali ini saya mengajak kakak untuk membantu membersihkan kulkas.

Cara kreatif apa yang digunakan agar ia tertarik membantu? Dengan bermain peran. Saya mengajak dia bermain peran film yang suka dia tonton. -Sebenarnya bagian ini tidak #kreatif. Saat si adik rewel dan saya udah mati gaya, akhirnya saya mengijinkan dia nonton tv U&I. Filmnya sih anak-anak tapi tetap saja harus ada dalam pantauan, karena bisa jadi yang ia tiru justru hal yang negatif. Loh, kok jadi ngulas film, hihi.- 
Kembali ke main peran. Saya berperan jadi kak Ros, dia jadi u&i. 
Awalnya saya membiarkan dia menyentuh air es yang menetes dari freezer. Untuk melatih perabanya mengenal rasa dingin. Setelah itu kami bersama-sama membersihkan kulkas sambil saling berbicara dan bercerita layaknya sedang main film u&i. Dan saat saya memintanya mengambil kain lap karena dia menumpahkan air, "baik akak, janganlah marah2", persis sekali nadanya dengan yang ada di film. Hmm.. anak2 memang benar-benar peniru ulung ya.

Si adik dimana? Kali ini adik jadi penggembira dan penonton. Kelak kita bekerja bersama-sama ya dik 😊


#day2
#Tantangan10hari
#level9
#KuliahBunsayIIP
#ThinkCreative

Komentar