Menggiring ayam masuk kamar mandi

Anak terlahir kreatif, orang tua lah yang harus melayakkan diri menemani dan menumbuhkan kreativitas anak. So, #thinkCreative!

"Nak, ayo mandi sudah sore", teriak seorang ibu kepada balitanya. Apakah lantas si anak langsung berkata, "siap bunda!". Kemudian dia berlari ke kamar mandi, cebar-cebur air, dan taraaa keluar kamar mandi sudah bersih dan harum. Ada yang demikian, tapi berdasarkan pengamatan ke anak sendiri dan ponakan2 prosentasenya sedikit sekali 😁. Yang banyak adalah mereka lari2 dulu, kadang masih asyik dengan mainannya, kadang juga udah masuk kamar mandi tapi gak keluar-keluar dari kamar mandi 😀.

Ini ceritaku, he. Saya mengajak af1 untuk mandi, lebih tepatnya saya hanya menemaninya untuk melatihnya mandi sendiri. "Nak, ayo mandi", kata saya sambil menuntunnya ke belakang. Di depan kamar mandi dia masih lari-larian. Saatnya memikirkan solusi, #thinkCreative. Aha! Aku jadi ingat ayam dirumah yang suka digiring kalau mau masuk kandang. Akhirnya saat dia berlarian ku kejar dia sambil menggiringnya ke  kamar mandi, Alhamdulillah berhasil. Dia senang sekali saya kejar dan saya giring masuk sambil saya teriak, "Ayo ayam masuk kandang".

Dia  happy masuk kamar mandi. "Ayamnya masuk kandang ya Ma? Kayak di Mbah ti", kata dia. Kemudian aktivitas berlanjut seperti  biasa, dia memakai sabun sendiri. Saya berdiri disampingnya sambil sesekali ikut2an ngasih sabun ke bagian-bagian yang belum bisa ia jangkau. Lalu, apakah perjalanan mulus2 saja? Tidak. Hehe.. dia keluar km sambil teriak girang, "ayamnya keluar ma, ayamnya kabur. Tugas mama ngejar lagi dan nggiring lagi. Hadehh bayi oh bayi. Setelah dia menguyur air ke badannya, 
"Sudah nak, ayo!", kata saya.
Dia bilang, "mama mau cek-cek ta?"
"Iya", jawab saya. Sepertinya dia sudah hafal setelah dia guyur-guyur air mandi sendiri, sebelum pakai handuk biasanya saya bilang cek dulu. Ala-ala pegawai quality control 😆 , saya mengecek apakah masih ada sisa sabun atau tidak.

#day1
#Tantangan10hari
#level9
#KuliahBunsayIIP
#ThinkCreative

Komentar